Sejarah dan Perkembangan Blog

Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman What’s New pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Kalau kita masih ingat, Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape. Kemudian pada Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya Justin’s Home Page yang kemudian berubah menjadi Links from the Underground yang mungkin dapat disebut sebagai blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.

Hingga pada tahun 1998, jumlah blog yang ada di luar sana belumlah seberapa. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan blog-blog mereka sendiri.

Pada Agustus 1999 sebuah perusahaan Silicon Valley bernama Pyra Lab meluncurkan layanan Blogger.com yang memungkinkan siapapun dengan pengetahuan dasar tentang HTML dapat menciptakan blog-nya sendiri secara online dan gratis. Walaupun sebelum itu (Juli 1999) layanan membuat blog online dan gratis yaitu Pitas telah ada dan telah membuat blogger bertambah hingga ratusan, tapi jumlah blog tidak pernah bertambah banyak begitu rupa sehingga Blogger.com muncul di dunia per-blog-an. Blogger.com sendiri saat ini telah memiliki hingga 100.000 blogger yang menggunakan layanan mereka dengan pertumbuhan jumlah sekitar 20% per bulan. Blogger.com dan Pitas tentu tidak sendirian, layanan pembuat blog online diberikan pula oleh Grouksoup, Edit this Page dan juga Velocinews.

Sejak saat itu blog makin hari makin bertambah hingga makin sulit untuk mengikutinya. Eatonweb Portal adalah salah satu daftar blog terlengkap yang kini ada di antara daftar blog lainnya. Ribuan blog kemudian bermunculan dan masing-masing memilih topik bahasannya sendiri, dimulai dari bagaimana menjadi orang tua yang baik, hobi menonton film, topik politik, kesehatan, olahraga, teknologi, komputer, musik, buku, komik dan sebagainya. Bahkan ada blog tentang barang-barang aneh yang dijual di situs lelang Ebay yang bernama Who Would By That?.

Cameron Barret menulis pada Blog-nya essay berjudul Anatomy of a Weblog yang menerangkan tema dari Blog. “Blog seringkali sangat terfokus pada sebuah subjek unik yaitu sebuah topik dasar dan/atau sebuah konsep yang menyatukan tema-tema dalam Blog tersebut.” Secara sederhana topik sebuah blog adalah daerah kekuasan si Blogger-nya tanpa ada editor atau boss yang ikut campur, tema segila apapun biasanya dapat kita temukan sejalan dengan makin bermunculannya blog di Internet. Dan ya, ide itu telah terpikirkan, bahkan sekarang telah ada blogger yang membuat blog dari blog. Dari sedemikian banyak blog yang ada, blog-blog yang menetapkan standar dari blog dan terkenal sehingga memiliki penggemarnya sendiri diantaranya adalah :

  1. Blog milik Jorn Barger, Robot Wisdom yang disebut-sebut merupakan blog terbesar dan paling berguna. Di mana setiap harinya ia menyodorkan sekian banyak link yang dibentuk dari ketertarikannya pada seni dan teknologi.
  2. Camworld adalah blog populer milik Cameron Barret seorang Desainer Interaktif di mana dia mengategorikan topik-topik blog-nya pada kategori Random Thoughts, Web Design dan New Media. Camworld dapat disebut sebagai Blog klasik, dalam arti blog tersebut mengandung dosis tepat dari karakter dan opini pribadi dicampur dengan keselektifan pemilihan link-nya.
  3. Blog terkenal lainnya yaitu, “Obscure Store” http://www.obscurestore.com/ milik Jim Romenesko yang menyediakan link bertemakan berita dan gosip serta hal-hal kecil yang sedikit mengarah pada underground movement.
  4. Lawrence Lee juga setiap hari mengupdate blog-nya, Tomalak’s Realm dengan link-link pada berita tentang Web Design dan Net Business.
  5. Memepool dengan pilihan koleksi link-nya yang unik disertai analisis cerdas juga digemari sebagai blog yang istimewa.
  6. Kottke.org merupakan blog menarik milik Jason Kottke seorang Web Designer yang tinggal di San Francisco, di Blog-nya dia menulis bahwa blog-nya tersebut adalah caranya mengisi waktu luang untuk menyusun kembali tulisan-tulisan, desain-desain dan critical skill-nya.
  7. Tak lupa juga blog milik Dave Winer, Scripting News, salah satu blog pertama yang banyak memberikan link tentang pemrograman.

Pada tulisannya di Star Telegram, Frances Katz menulis bahwa blog merupakan generasi kedua dari Home Page Pribadi. Perbedaan utama antara Home Page Pribadi dan Blog yaitu, Home Page Pribadi adalah tempat di mana kita bisa menempatkan foto keluarga, foto kita dan kemudian mendistribusikan informasi pada lingkaran kecil teman-teman dan keluarga. Sedangkan blog dirancang untuk pengunjung. Blog memiliki suara spesifik dan kepribadian. Karena itulah blog disebut juga kepanjangan interaktif dari pembuatnya.

About Brillyan
just an ordinary boy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 211 other followers

%d bloggers like this: