Cara Penggunaan Subversion

sumber

Untuk lebih jelasnya bagaimana sekenario version control digunakan, dapat di ilustrasikan dengan cerita berikut.

—||—

Endy dan Anton terlibat proyek pengembangan sebuah aplikasi untuk menampilkan data berupa text dan gambar dari dalam database. Endy dan Anton berdomisili di tempat yang berbeda dan masing-masing mempunyai kesibukan yang tidak dapat ditinggalkan pada jam kerja. Sehingga mereka mempunyai waktu yang sangat terbatas untuk bertatap muka secara langsung.

Anton menginstal version control server dan membuat repository untuk program tersebut di rumahnya yang terhubung ke internet 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Semua kode program yang dibutuhkan disimpan dalam repository dan dapat diakses oleh mereka berdua.

Selama tenggat waktu pengembangan aplikasi tersebut keduanya silih berganti menambahkan kode ke dalam repository. Mengerjakan bagiannya masing-masing dan melakukan test terhadap setiap fungsi yang ditambahkan.

Setelah waktu yang ditentukan habis, Anton menginstal aplikasi di tempat klien. Semua kode program terbaru diambil dari repository dan dimasukkan ke dalam laptop untuk selanjutnya dibawa ke tempat presentasi. Setelah tiba di tempat klien, kode program tersebut mengalami error serius ketika dikompilasi. Anton tidak panik, dengan tenang segera melakukan koneksi lewat internet. Kemudian mengakses repository server dan melihat catatan perubahan kode program. Ternyata Endy menambahkan satu bonus fitur baru untuk melihat gambar dalam tampilan thumbnail yang dikerjakan semalam, pasti ini penyebabnya, karena hari sebelumnya Anton sudah memastikan bahwa semua fungsi program berjalan dengan baik dan siap untuk diimplementasikan.

Untungnya Endy tidak lupa untuk memberikan penanda (tag) terhadap perubahan yang dilakukanya semalam. Dengan cepat Anton mengambil kode program sesuai kondisi sebelum perubahan yang dibuat oleh Endy semalam (undo). Kali ini program berjalan dengan lancar tanpa ada satupun error. Berkat digunakanya Version Control dengan disiplin bencana yang ada di depan mata dapat dihindari.

—||—

Berdasarkan cerita diatas, jelas bahwa penggunaan Version Control dalam pengembangan software yang dilakukan oleh sebuah tim programmer sangatlah penting. Version control akan melakukan pencatatan setiap perubahan kode program. Dengan begitu, banyak sekali manfaat yang dapat diambil dan masalah yang dapat dihindari. Masih banyak lagi fitur-fitur version control yang akan kita bahas dalam bagian-bagian selanjutnya.

About Brillyan
just an ordinary boy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: