Version Control

Pernah denger Moto Ikatlah Ilmu dengan Menuliskannya(Ilmukomputer punya), jadi ni pas belajar SVN dari sumber yg gampang dimengerti, sekalian posting di blog. So, check this out:

Version control dikenal dengan banyak istilah. Ada yang menyebutnya sebagai Configuration Management Tool, Source code management atau Source Control. Dalam tutorial ini, istilah yang digunakan adalah Version Control.

Kemampuan menggunakan version control merupakan hal yang masih langka ditemukan di kalangan programmer Indonesia. Padahal kemampuan menggunakan version control adalah kemampuan wajib yang harus dimiliki oleh tim programmer.

Di seluruh dunia, ribuan programmer terlibat dalam pengembangan proyek opensouce, kolaborasi dalam skala raksasa seperti ini mustahil dilaksanakan tanpa adanya version control. Akan terjadi kekacauan jika kode sumber hanya diletakkan di website, kemudian dibagi ke semua programmer. Jika dua orang programmer bekerja dalam file yang sama, mereka akan saling menimpa pekerjaan temannya, dan jika terjadi kesalahan maka tidak akan mungkin mengembalikan keadaan kode ke keadaan sebelumnya tanpa usaha yang cukup besar.

Version control dapat membantu seorang/tim programmer pengembang perangkat lunak dengan menyediakan akses kepada setiap anggota tim tanpa harus saling menimpa pekerjaan anggota tim yang lain, seperti yang terjadi jika sebuah tim pengembang menggunakan sharing folder.

Hal-hal yang mampu dilakukan oleh Version control adalah:

  1. Mencatat perubahan code dan pembuat perubahan
  2. Menyediakan fungsi undo untuk mengembalikan keadaan code ke titik tertentu
  3. Melihat riwayat perubahan code, dari pertama dibuat hingga keadaan yang sekarang
  4. Memungkinkan penulisan code secara paralel tanpa ada kejadian anggota tim menimpa pekerjaan anggota tim yang lain.

Ada banyak aplikasi version control yang tersedia, beberapa aplikasi yang cukup terkenal antara lain :

  • Visual Source Safe, version control buatan microsoft. Terintegrasi dengan Visual Studio
  • CVS, version control dikembangkan oleh CollabNet yang dipimpin oleh Karl Fogel. CVS adalah version control yang dikembangkan dengan lisensi opensource dan sudah sangat banyak digunakan. CVS juga mempunyai software pendukung yang sangat besar, dan juga didukung oleh hampir semua IDE besar.
  • Subversion, dibuat dengan tujuan untuk menggantikan CVS yang mempunyai kelemahankelemahan sehingga tidak cocok lagi dengan paradigma pengembangan perangkat lunak yang sedang trend saat ini. Subversion ini dikembangkan oleh CollabNet dan dibuat oleh orang yang sama yang membuat CVS, Karl fogel.

About Brillyan
just an ordinary boy

One Response to Version Control

  1. Pingback: belajar version control « Ilmutambah Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: