Menginstall PHP 4 dan PHP 5 di Windows XP dengan satu server Apache2

Nie masih dalam masa prakerin di Gamatechno, harus merubah web server, db server dkk. dari yang biasanya pake xampp jadi harus kepisah-pisah karena harus bisa njalanin 2 versi PHP. Sebenernya pake xampp versi 1.6.8(klo g salah) udah bisa support 2 versi php tapi pake phpSwitch (cuma tau, tapi belum pernah nyoba. :D). Udah gogling2 nemu banyak sumber, tapi yang ane coba nie sumber, but in english, (n berhasil dengan utak-utik sedikit) so terjemahin aja (thx to google translate) sekalian posting di blog. check this out ::

PERSIAPAN

Pertama-tama Anda harus membersihkan komputer Anda dari semua Apache dan instalasi PHP. Membuat cadangan dari direktori htdocs untuk menyimpan proyek Anda saat ini dan benar-benar menghapus instalasi Apache dan PHP.  Dengan ini berarti membersihkan TOTAL.  Anda harus menghapus SEMUA Apache dan PHP DLL dan file konfigurasi. Jika Anda tidak melakukan itu Anda akan berakhir menarik rambut dari kepala Anda, percayalah yang satu ini …

Setelah ini, pastikan Anda reboot komputer Anda, dan melakukan instalasi Apache 2 . Saya sarankan Anda memilih instalasi CUSTOM, dan instal ke C: / Apache2 .

START

Sekarang kita dapat men-download PHP 4 dan PHP 5 paket terbaru dan unzip mereka ke direktori terpisah.   Sebagai contoh C: / php4 / dan C: / php5 /.   Setelah ini sangat penting untuk menambahkan kedua direktori pada lingkungan variabel PATH dari instalasi Windows Anda.

Anda dapat melakukannya dengan masuk ke:

START MENU->SETTINGS->CONTROL PANEL->SYSTEM->ADVANCED->ENVIRONMENT VARIABLES,

dan mengedit variabel PATH, dan menambahkan dua direktori ke daftar, dipisahkan oleh tanda ‘;’

Setelah reboot (hanya untuk keamanan), kita bisa mulai dengan konfigurasi PHP 5 sebagai CGI / FAST CGI.  Pertama kita perlu menyiapkan Apache sub domain untuk PHP 5.  Hal ini dapat php5.localhost atau apapun yang Anda inginkan. Untuk melakukannya, buat subdir / php5 di dir htdocs dari instalasi Apache2 Anda. Edit file httpd.conf (di Apache /conf direktori) dan masukkan baris-baris di bagian bawah file:

NameVirtualHost *:80

<VirtualHost *:80>

ServerName localhost

DocumentRoot "C:/apache2/htdocs"

</VirtualHost>

<VirtualHost *:80>

ServerName php5.localhost

DocumentRoot "C:/apache2/htdocs/php5"

ServerAdmin webmaster@webmasterland.com

DirectoryIndex index.php index.html index.htm

SetEnv PHPRC C:/php5

ScriptAlias /cgi-bin/ "C:/php5/"

Action php5-script /cgi-bin/php-cgi.exe

AddHandler php5-script .php .html

ErrorLog logs/error5.log

CustomLog logs/access5.log combined

</VirtualHost>

Ini akan menginstruksikan Apache bahwa kita memiliki sub domain php5 di localhost kita dan bahwa PHP 5 instalasi dari d: / php5 dir harus bekerja hanya pada sub domain ini. Perintah setenv PHPRC sangat penting karena memberitahu Apache bahwa ini instalasi PHP akan menggunakan php.ini dari dir (d: / php5), dan bukan satu standar dari direktori C: / windows .  Terakhir, jangan lupa untuk menyalin file config php.ini ke C:/ php5 dan restart servis apache.

Sebelum kita dapat menguji dalam browser kita, kita harus mengedit file host Windows sehingga sub domain dapat bekerja.  Pergi ke C: \ WINDOWS \ system32 \ drivers \ etc \ dan buka file hosts. Secara default harus ada satu baris :

127.0.0.1 localhost

Anda harus menambah baris di bawahnya:

127.0.0.1 php5.localhost

Sekarang Anda dapat menguji PHP 5 dengan membuat sebuah file index.php sederhana dengan kode:

<?php phpinfo(); ?>

dan menempatkannya di dalam d: / apache2/htdocs/php5 / dan membukanya dari browser.

URL_nya adalah http://php5.localhost/index.php

jika Anda melakukan segalanya dengan benar anda akan melihat PHP 5 halaman info. Semua script yang Anda tempatkan di dalam subdirektori itu dan dibuka melalui sub domain ini akan diinterpretasikan oleh PHP 5.

Sekarang kita harus menginstruksikan Apache agar semua script PHP lain yang tidak pada sub domain ‘khusus’ kita  ditafsirkan oleh PHP4 Interpreter (sebagai modul Apache). Berikut adalah cara untuk melakukannya:

Edit file httpd.conf Apache dan masukkan baris berikut:

Di bawah baris LoadModule tambahkan konfigurasi ini (pilih salah satu):

LoadModule php4_module "d:/php4/php4apache2.dll"

atau

LoadModule php4_module "d:/php4 / sapi/php4apache2.dll"

Di bawah baris AddType tambahkan baris ini:

AddType application/x-httpd-php .php .phtml .php3

Jangan lupa untuk menyalin PHP 4 config file php.ini ke c: / windows /

Restart Apache dan menguji PHP 4 dengan menyalin file index.php yang sama yang digunakan untuk pengujian PHP 5 ke root domain Anda (htdocs dir) dan membukanya dari browser Anda. http://localhost/index.php . Jika Anda mengatur semuanya dengan benar, anda akan melihat halaman info PHP 4 .

About Brillyan
just an ordinary boy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: